Buat Sendiri Aplikasi Facebook-mu! (No Programming Skill Required)

Facebook,  pasti semua anak UI mengetahui jejaring sosial yang satu ini dan hampir bisa dipastikan sebagian besar anak UI juga memiliki akunnya. Namun pertanyaannya berapa banyak dari kita yang sudah mendalami fitur – fitur yang disediakan oleh Facebook? Mungkin kita tak lebih dari sekedar user yang hanya memanfaatkan fasilitas yang terlihat saja seperti Wall, Photo, Games dsb.

Sekarang daripada kita cuma menjadi user biasa mari kita mencoba menjajal Facebook API (Application Programming Interface). Apa itu Facebook API? Facebook API adalah suatu fitur yang diberikan oleh Facebook kepada Developer aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya yang kemudian dapat dipergunakan dalam halaman Facebook. Contohnya seperti game FarmVille, Travian atau Mafia Wars yang biasa kita mainkan. Nah, aplikasi seperti itu dikembangkan dengan menggunakan Facebook API.

Kali ini kita akan mencoba menggunakan Facebook API untuk mengupdate status di Wall Facebook kita. Mungkin kita sering melihat update status teman misalnya “via Mobile Web”“via Blackberry”, “via Android” dan sebagainya. Namun, apakah kita bisa membuat update status seperti itu, misalnya “via Markas Besar” atau “via Fakultas Teknik UI”? Jawabannya adalah YA. Namun, apakah kita membutuhkan kemampuan programming untuk dapat melakukan hal tersebut? Jawabannya YA dan TIDAKYA bila kita ingin membangun aplikasi sekelas Facebook for Blackberry atau Facebook for Android. Namun apabila kita hanya ingin mengupdate status maka kita TIDAK membutuhkan kemampuan Programming sama sekali.

http://www.anakui.com/buat-sendiri-aplikasi-facebook-mu-no-programming-skill-required/
Latest


EmoticonEmoticon